Hal yang Harus Dilakukan Ketika Mengalami Nyeri Perut Kanan Bawah

Nyeri perut kanan bawah biasanya bukan jenis sakit perut biasa, namun merupakan suatu gejala dari peyakit lainnya. Lokasi dan jenis gejala yang menyertainya bisa menjadi petunjuk penyebabnya. Nah berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya rasa sakit tersebut serta bagaimana Anda harus bersikap ketika mengalaminya.

Penumpukan Gas

Jika rasa nyeri yang Anda alami disebabkan karena penumpukan gas, maka hal ini tidak perlu Anda khawatirkan. Biasanya rasa nyeri ini akan berpindah-pindah dan tidak menetap pada satu bagian perut saja. Selain rasa nyeri seperti kram, Anda pun bisa merasakan kondisi perut kembung yang mana bisa diatasi dengan minyak angina biasa.

Radang Usus Buntu

Berbeda dengan penumpukan gas, apabila rasa sakit yang Anda alami disebabkan karena terjadinya radang di organ usus buntu. Nyeri yang Anda rasakan akan muncul si area sekitar pusar hingga perut bagian bawah kanan. Gejala ini akan menetap atau bahkan akan semakinparah ketika Anda melakukan pergerakan atau penekanan pada bagian tersebut.

Radang ini disebabkan karena terjadinya sumbatan pada saluran perpanjangan usus besar ini, sehingga menyebabkan infeksi. Di samping merasakan sakit dan nyeri, penderita penyakit ini juga akan dibarengi dengan mual dan muntal serta hilangnya nafsu makan.

Batu ginjal

Nyeri perut kanan bawah juga bisa disebabkan karena terdapatnya batu ginjal pada kandung kemih Anda. Rasa sakit yang ditimbulkan akan datang secara mendadak dengan intensitas rasa sakit yang lumayan parah. Sakit ini akan terasa mulai dari sisi bawah kanan perut atau bagian pinggang yang menjalar hingga kepangkal paha.

Meski begitu intensitas rasa sakit yang dialami setiap orang akan berbeda bergantung pada besar kecilnya batu ginjal yang bersarang di dalam tubuh. Gejala penyakit ini juga bisa dibarengi dengan kram hingga mual dan muntah.

Kehamilan Ektopik

Jika Anda seorang wanita, maka bisa jadi rasa nyeri yang terjadi di perut Anda disebabkan karena terjadinya kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim. Janin biasanya akan berkembang pada tuba fallopi atau rahim, tetapi janin juga bisa berkembang luar bagian itu dan menyebabkan rasa sakit berlebih. Namun sakit ini bergantung pada lokasi janin berkembang.

Ketika Anda mengalami rasa nyeri pada sisi kanan bawah perut, yang perlu Anda lakukan adalah mengompresnya dengan air hangat agar sedikit mengurangi rasa nyeri. Anda pun dianjurkan untuk tidak banyak bergerak atau bergerak dengan perlahan agar tidak menimbulkan ketegangan otot perut. Anda pun bisa mengonsumsi paracetamol untuk mengurangi rasa sakit tersebut.

Meski begitu, jika nyeri perut kanan bawah yang Anda alami tidak kunjung sembuh atau hilang timbul tidak menentu segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa serta penangnan yang tepat. Tingkatkan kewaspadaan Anda mengenai berbagai macam informasi kesehatan dengan mengunjungi orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *