Keluarga Berperan Penting dalam Mengendalikan Diabetes

Diabetes adalah masalah epidemi di seluruh dunia yang, jika diobati dengan benar, dapat menyebabkan komplikasi. Data Atlas 2017 dari Federasi Diabetes Internasional (IDF) menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara terbesar keenam di dunia dengan jumlah penderita diabetes berusia 20-79 tahun, mencapai 10,3 juta orang.

Di Indonesia, hasil Laporan Penelitian Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2018 menunjukkan bahwa prevalensi penyakit tidak menular seperti diabetes telah meningkat dari 6,9% menjadi 8,5% dalam lima tahun terakhir. Perkiraan jumlah penderita diabetes di Indonesia dengan demikian mencapai lebih dari 16 juta orang.

Koordinator Hubungan Domestik, PB Perkeni, Dr. Pradana Soewondo, menjelaskan kepada SpPD-KEMD, peran keluarga dalam mengendalikan diabetes sangat penting. Itulah sebabnya perubahan dalam gaya hidup sehat dimulai dengan keluarga.

“Membuat diet yang baik atau tidak, begitulah dalam keluarga. Mencegah dan mengendalikan diabetes dimulai dari lingkungan keluarga. Harus ada dukungan untuk mencapai tujuan pengendalian diabetes yang tidak menjadi lebih buruk,” katanya, Senin di IMERI FKUI Museum, Jakarta. . (11/11).

Apalagi, ia melangkah lebih jauh, karena orang yang sudah menderita diabetes memerlukan informasi tertentu sehingga tidak tetap menjadi komplikasi. “Mereka membutuhkan bantuan dalam membuat keputusan seperti diet yang baik, aktivitas fisik, pemantauan gula darah rutin yang harus dilakukan terus menerus,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *