Konsultasi Asuransi Motor di Insurtree

Saat ini, pengguna sepeda motor begitu membeludak. Apalagi jika kita liha di ibukota Jakarta. Begitu padat para pengguna sepeda motor yang berlalu lalang sehingga tak heran jika terjadi macet. Selain itu padatnya jumlah kendaraan bermotor meningkatkan resiko angka kecelakaan yang tinggi. Sehingga perlu sebuah asuransi motor untuk menghindarkan kita dari kerugian yang lebih besar. Pada umumnya perusahaan asuransi mempunyai dua jenis asuransi motor yang ditawarkan, yang pertama adalah TLO (Total Loss Only). Jenis asuransi motor kedua ini tidak hanya memberikan ganti rugi motor saat hilang saja (loss) akan tetapi, juga termasuk musibah atau kerugian lain seperti motor/mobil yang lecet. Intinya, segala resiko yang terjadi pada kendaraan Anda yang diasuransikan dengan asuransi All Risk akan diganti rugi dengan syarat ketentuan yang berlaku.

Walaupun demikian, biasanya tidak semua perusahaan asuransi menawarkan kedua jenis asuransi motor tersebut. Pada umumnya hanya asuransi TLO saja yang diberikan. Namun, asuransi TLO tersebut biasanya ditambahi dengan asuransi personal accident atau terjemahannya yaitu asuransi kecelakaan diri. Untuk asuransi All Risk biasanya ditawarkan untuk kendaraan diatas Rp30 juta rupiah, seperti motor gede (MOGE) seperti Harley Davidson atau Moge-moge mewah lain, atau mobil-mobil yang cukup mewah. Motor yang dibeli kredit biasanya diwajibkan untuk ikut premi asuransi, jadi pada saat pertama membayar uang muka, uang muka tersebut sudah termasuk dengan total premi asuransi motor kreditan tersebut.

Bagi sepeda motor yang belinya cash memang tidak diwajibkan untuk diikutkan asuransi, hanya tetap bisa didaftarkan asuransi agar lebih aman dalam berkendara dan tentunya hati menjadi tenang. Hal lain yang perlu diingat, konsumen atau para pemegang asuransi bisa saja memilih jenis asuransi apa yang akan dipakai atau dibeli. Jadi, sebagai konsumen kita bisa saja memilih jenis asuransi yang kita sukai sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Misalnya leasing telah merekomendasikan asuransi motor jenis X, Anda bisa saja membeli asuransi Z selama kita suka dan tentunya sesuai dengan kebutuhan, dan yang pasti menguntungkan! Dan yang perlu diketahui oleh masyarakat umum adalah, asuransi bukan saja hanya untuk motor baru, akan tetapi premi asuransi juga bisa dibeli dengan motor lama, alias mengasuransikan motor lama. Namun, biasanya ada tambahan biaya asuransi untuk motor lama. Untuk motor yang sudah dipakai selama 3 tahun lebih akan ada tambahan 5%.

Dapat kita dibayangkan jika sepeda motor kredit hasil tabungan Anda hilang, tanpa sempat  Anda asuransikan. Dengan asuransi kehilangan dan kerugian atas kemalingan akan dicover dan malah bisa beli motor baru dari uang ganti rugi perusahaan asuransi, menarik bukan?

Asuransi motor paling umum adalah Total Lost Only (TLO). Sederhananya, motor kamu akan diganti jika terjadi kehilangan dengan harga sejumlah harga beli dipotong harga penyusutan yang biasanya 10%. Asuransi motor jenis ini sangat umum untuk mereka yang membeli motor dengan cara kredit. Sementara asuransi motor all risk cakupannya lebih luas lagi. Selain menjamin atas segala jenis kehilangan dan pencurian, asuransi motor all risk juga menjamin kita sebagai pengendara motor. Beberapa juga mengikutsertakan kecelakaan/kehilangan ringan seperti spare part atau lecet.

Asuransi motor all risk umumnya digunakan untuk motor-motor yang harganya di atas Rp30 juta. Namun, untuk keamanan diri sendiri, memudahkan mobilitas sehari-hari, agar tetap dapat mencari nafkah, tingkat kejahatan yang semakin tinggi, dan praktis menerobos kemacetan. Rasanya kamu sudah harus banget punya asuransi motor deh!

Tak usah bingung memilih asuransi motor, konsultasi aja dulu dengan insurtree di insurtree.co.id   #Insurtree buat pilih asuransi motor dengan harga dan kebutuhan yang paling kamu banget. Gratis kok! Karena #Insurtree, #JelasGampang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *