Mengenal Ciri-Ciri Membran Sel yang Perlu Anda Ketahui

 

Bila berbicara mengenai makhluk hidup maka tidak bisa terlepas dari sel. Dimana sel adalah sebuah kesatuan fungsional serta struktural makhluk hidup yang mempunyai makna sebagai penyusun makhluk hidup maupun yang melaksanakan segala fungsi kehidupan. Salah satu bagian dari sel tersebut adalah membran sel atau membran plasma. Adapun bagian yang satu ini adalah sebuah bagian dari sel yang terdapat pada tumbuhan maupun makhluk hidup lainnya. Tentu saja bagian sel ini berperan sangat penting bagi struktur sel karena bisa melindungi melalui pemisahan materi sel internal dari lingkungan luar sel.

Pada tumbuhan, membran sel berfungsi untuk melindungi danĀ  jalan lalu lintas transfer berbagai molekul masuk ke dalam serta keluar sel. Supaya lebih jelas mengenai bagian sel yang satu ini maka berikut ini akan dijelaskan ciri-cirinya yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Membran plasma merupakan lapisan menghambat selektif yang berguna untuk dinding pemisah bagian sel individu dengan kompartemen selular.
  2. Membran ini adalah sebuah susunan dari molekul karbohidrat, lipid dan protein yang digabungkan oleh gaya non-kovalen. Dimana penggabungan molekul ini bisa mengatur transportasi molekul, menghasilkan sinyal untuk mengubah perilaku sel, kontrol terhadap beragam arus informasi yang terjadi pada sel serta memisahkan molekul yang mempunyai muatan agar menjadi sinyal sel.
  3. Memiliki sifat yang dinamis serta bekerja secara berkala, mengalami degradasi dan terus menerus terbentuk.
  4. Zat lipid terkadung di dalam membran plasma termasuk dalam ketagori fosfolipid yang terdiri atas gliserol, fosfat, asam lemak serta berbagai zat hasil turunan zat organik hidrofobik.
  5. Cairan dalam membran plasma berbentuk mozaik dan tergambar sebagai lipid bilayer fluida serta mempunyai kandungan metabolisme protein sehingga bisa membuat molekul mengambang.
  6. Zar karbohidrat yang terdapat di dalam membran ini terikat kovalen dengan molekul protein yang berupa glikoprotein atau lipid seperti glikolipid.
  7. Zat protein di bagian membran plasma bisa ditentukan fungsinya sebagai pelapis gerbang, pemompa, reseptor maupun sebagai molekul adhesi sel.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri-ciri membran sel yang bisa menambah referensi anda. Melalui informasi di atas kini anda bisa mengetahui ciri-ciri yang dimiliki oleh membran plasma sehingga bisa memudahkan anda membedakannya dengan bagian sel lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *