Motif Batik Solo Modern dengan Design Sederhana

Batik adalah properti budaya masyarakat Indonesia. Tapi tahukah Anda jika batik solo misalnya tidak hanya dari Jawa? Kami kemudian membahas jenis batik di nusantara bersama dengan berbagai motif dan gambar. Dari desain batik modern hingga desain batik sederhana.

  1. Motif batik Aceh
    Ciri khas batik Aceh adalah bahwa ia menggunakan campuran unsur-unsur alam dan budaya dari masyarakat Aceh sendiri. Dalam hal masalah warna, batik Aceh lebih dominan dalam penggunaan warna terang. Keberanian memainkan warna ini membuat batik Aceh unik dan glamor. Aceh juga merupakan daerah dengan pengaruh Islam yang kuat. Sehingga masyarakat di Aceh jarang menggunakan motif binatang yang dilarang dalam agama Islam.
  2. Motif Batik Bali
    Ciri khas batik Bali adalah terletak pada motifnya, yang memadukan motif tradisional dan modern. Apalagi kain batik Bali memiliki ciri-ciri simbol daerah seperti naga, crane, kura-kura dan rusa. Dilihat dari motif dan bentuknya, dapat dikatakan bahwa motif pada batik Bali ini tidak memiliki batasan ekspor. Batik Bali sendiri terinspirasi oleh banyak hal di Bali.
  3. Motif Batik Banyuwangi
    Motif batik Banyuwangi adalah perwujudan dari berbagai hal yang berkaitan dengan karakteristik khusus wilayah Banyuwangi. Batik Banyuwangi memiliki nilai estetika yang sangat menawan. Semua nama batik asli di Banyuwangi ditemukan sangat dipengaruhi oleh kondisi alam. Beberapa motif batik Banyuwangi hanya menekankan nilai estetika dan menggambarkan identitas masyarakat Banyuwangi itu sendiri.
  4. Motif Batik Bojonegoro
    Bojonegoro adalah daerah dengan kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Kekayaan ini menginspirasi masyarakat Bojonegoro untuk mengubahnya menjadi motif batik khas Bojonegoro. Batik Bojonegoro biasanya disebut batik Jonegoroan dan memiliki 9 motif batik yang terkenal. Diantaranya adalah motif jagung Golden Miji, Gastro Rinonce, Parang Dahano Munggal, Parang Jembul Sekar Rinandar, Mliwis Mukti, Sekar Jati, Pari Sumilak, Sata Gondo Wangi dan Rancak Thengul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *