Seharian Jelajahi Bolgar, Situs Peradaban Muslim Kuno di Rusia

Bolgar adalah salah satu kota pedalaman Republik Tatarstan, tak jauh dari pantai Volga, Rusia. Bolgar pernah menjadi salah satu pusat peradaban Islam terbesar di belahan bumi utara. Kehebatannya membuat kota ini dikenal dengan julukan “Mekah Utara” atau “Mekah Utara”. Sekarang sisa-sisa kota tua Bolgar dilindungi sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Apa tempat peradaban seperti “Mekah Utara”? Lihat kisah saya tentang mengunjungi kota ini. Cara termudah untuk mengunjungi Bolgar adalah dengan speedboat di sepanjang sungai Volga dari kota Kazan, ibu kota Republik Tatarstan, Rusia. Kapal cepat ini hanya berlayar di musim panas.

Dari pelabuhan Kazan hanya ada satu jadwal keberangkatan, yaitu pukul 2 malam. Jam 10 pagi dan kembali ke Kazan jam 4 sore dari pelabuhan Bolgar. Perjalanan ini memakan waktu dua jam dan 30 menit untuk pengembalian 750 rubel (165.000 rupee). Di luar musim panas, hanya Bolgar yang bisa dicapai dengan bus dengan waktu perjalanan lebih lama sekitar 5-6 jam. Karena akses yang sulit, waktu terbaik untuk mengunjungi Bolgar di musim panas adalah ketika Volga mencair dan kapal cepat dapat berlayar.

Sesampainya di pelabuhan Bolgar saya melanjutkan perjalanan dengan bus ke lokasi objek wisata. Bus ini khusus ditujukan untuk wisatawan. Biayanya sangat murah. Dengan hanya 30 rubel, Raveler Teman dapat menaiki bus yang sama sepanjang hari ke berbagai tempat wisata di Kota Bolgar, termasuk perjalanan dengan perahu dari pelabuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *