Sering Mengalami Kapalan Pada Tangan dan Kaki? Yuk, Ikuti 3 Cara Menghilangkan Kapalan!

Apakah Anda pernah mengalami kapalan? Sebagian orang mungkin pernah merasakannya dan menjadi tidak nyaman akibatnya. Sebenarnya, apa sih kapalan itu? Dilansir dari halaman Halodoc, kapalan adalah kondisi di mana terjadinya penebalan lapisan yang keras pada kulit akibat mekanisme perlindungan kulit. Menurut Alodokter, kapalan adalah penebalan atau pengerasan kulit yang biasanya muncul pada tangan, jari, kaki, dan tumit. Hal itu terjadi karena adanya gesekan yang berlebihan. Lalu, bagaimana cara menghilangkan kapalan? Sebelum membahas hal tersebut, Anda harus mengetahui gejala dan penyebabnya. 

Ada beberapa gejala yang bisa Anda temukan ketika mengalami kapalan, antara lain:

  1. Sebagian kulit terasa kasar dan menebal.
  2. Sebagian kulit berubah menjadi lunak, kering, bahkan terbelah.
  3. Adanya rasa nyeri di bawah kulit.
  4. Adanya benjolan yang mengeras di kulit.

Biasanya kapalan memiliki ukuran dan bentuk yang bermacam-macam. Bahkan, kapalan jarang sekali menimbulkan rasa nyeri. Untuk mengetahui cara menghilangkan kapalan, Anda harus tahu penyebabnya agar bisa mencegah kapalan kembali terjadi. 

Berikut beberapa penyebab terjadinya kapalan. Yuk, simak ulasannya.

  1. Tidak Mengenakan Kaus Kaki.

Ternyata, kaus kaki memiliki fungsi yang sangat penting. Ketika Anda sering tidak memakai kaus kaki maka hal itu bisa menyebabkan kapalan. Hal itu terjadi karena gesekan akan langsung terjadi pada kulit kaki dan tidak ada yang melindunginya. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa ukuran kaus kaki yang tidak sesuai juga bisa menjadi pemicu terjadinya kapalan.

  1. Menggunakan Sepatu yang Tidak Nyaman.

Ketika Anda memakai sepatu yang sempit atau hak tinggi maka itu bisa menjadi penyebab terjadinya kapalan. Hal itu terjadi karena sepatu yang sempit dan hak tinggi bisa menekan sebagian kaki. Selain itu, sepatu yang kebesaran juga bisa mengakibatkan kaki sering bergesekan dengan bagian dalam sepatu. Untuk itu, pakailah sepatu yang nyaman dan pas.

  1. Sering Memainkan Alat Musik.

Bagi Anda yang suka bermain alat musik, pasti sering mengalami kapalan. Selain bermain alat musik, menulis terlalu sering juga bisa menjadi pemicu terjadinya kapalan, lho.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan kapalan? Yuk, simak ulasannya!

  1. Salep atau Krim.

Anda bisa menghilangkan kapalan dengan menggunakan salep, krim, atau pelembab. Dengan memberikan salep maka akan melunakkan kapalan yang ada. Anda bisa memilih pelembap yang mengandung asam salisilat yang mana bisa melembutkan dan mengikis kulit kapalan. Namun, penggunaan salep dengan kandungan asam salisilat, tidak cocok digunakan oleh penderita diabetes. Hal itu bisa menyebabkan iritasi dan infeksi.

  1. Menggunakan Bantalan Sepatu.

Jika kapalan terjadi pada kaki, Anda bisa menghilangkan kapalan dengan menggunakan bantalan sepatu. Tujuannya agar kaki tidak merasa nyeri saat sedang berjalan dan melindungi kulit dari tekanan dan kapalan. Bahkan menggunakan bantalan juga bisa mencegah kapalan kembali muncul.

  1. Menggunakan Produk Perawatan.

Sesuai dengan area kapalan, Anda bisa menggunakan produk perawatan yang sesuai. Jika kapalan di tangan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dalam memilih produk perawatan tangan. Apabila di kaki, Anda bisa berkonsultasi mengenai produk perawatan kaki sesuai dengan kondisinya.

Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kapalan, seperti pemotongan kulit yang berlebih dan menjalani operasi. Adanya pemotongan kulit yang berlebih bertujuan untuk menurunkan tekanan pada jaringan di bawah kulit, sedangkan operasi akan dilakukan untuk memperbaiki kelainan fisik tubuh.

Anda juga bisa menghilangkan kapalan dengan menggunakan kain lap yang kasar, papan amril, kikir kuku, dan batu apung. Hal ini bertujuan untuk mengikis dan mengangkat lapisan kulit. Namun, cara ini tidak cocok untuk penderita diabetes karena bisa mengakibatkan luka pada kulit.

Nah, itulah 3 cara menghilangkan kapalan yang bisa Anda lakukan. Mau mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *