Toyota Calya Mobil Murah Tidak Murahan

Pada tahun 2016 Toyota meluncur produk baru hasil dari kolaborasinya dengan Daihatsu yaitu sebuah mobil jenis MPV yang diberi nama Toyota Calya atau Daihatsu Sigra. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada acara show mobil murah di Gakindo pada tanggal 11 Agustus 2016. Calya diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti sempurna.

Mobil ini di desain untuk berjalan dijalanan Indonesia dengan berbagai macam kontur dan keadaan seperti jalan tidak rata, berlubang, melewati polisi tidur, jalan yang rusak dan lain sebagainya. Mobil ini mampu menampung hingga 7 penumpang sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Lantas bagaimanakah dengan kualitasnya? Mari simak ulasan berikut ini :

Harga Toyota Calya paling murah di banderol dengan harga 140 juta dan untuk tipe tertingginya di banderol dengan harga 165 jutaan. Untuk versi paling murahnya cayla belum menggunakan rem ABS (anti lock breaking system) yaitu mencegah ban mobil terkunci saat pengemudi mengerem mendadak, rem ABS hanya ada di tipe E dan G.

Selain menggunakan rem ABS Toyota Calya juga menggunakan rem cakram berventilasi sehingga rem mobil tetap stabil walaupun digunakan saat perjalanan jauh karena cakram berventilasi berfungsi untuk melepaskan panas saat pengereman terjadi. Selain itu mobil ini juga dibekali 2 buah air bag pada bagian depan.

Fitur lain yang menarik adalah adanya pengingat sabuk pengaman jadi ketika mobil dihidupkan dan mulai berjalan kita belum memakai sabuk pengaman akan terdengar bunyi BIP BIP BIP seperti mobil-mobil kelas Eropa Toyota Calya memiliki 7 buah seatbelt with pretensioner and force limiter untuk 7 orang penumpang.

Kabin Toyota Calya dapat menampung sebanyak 7 orang penumpang dewasa namun ground clearancenya akan turun signifikan dan membuat mobil ini ceper jadi kurang efektif untuk perjalanan jauh dengan kapasitas maksimal namun mobil ini tetap mampu melaju di jalan tanjakan bahkan saat berhenti di tengah-tengah.

Dikirain penumpang baris ketiga terdapat air cilculator namun tidak bisa memberikan hawa sejuk melainkan angin biasa seperti kipas angin serta suara yang dihasilkan sangat berisik walaupun sudah dikecilkan posisi air cilcularor sangat mengganggu karena angin langsung menyentor wajah dan tidak bisa diarahkan ke tempat lain.

Kursi pengemudi kurang nyaman karena kursinya rata dan posisi head rest nyambung dengan kursi jadi terlalu pendek sehingga tidak nyaman saat digunakan bersandar. Posisi kursi pengemudi tinggi sedangkan posisi setir lebih rendah serta tidak bisa diatur membuat posisi tangan menjadi lurus tegak hal ini sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Yang menarik bagian depan kabin terdapat arm rest di bagian tengahnya dan bisa dilipat walaupun belum bisa mengkover seluruh lengan. Namun saat arm rest dilipat akan terlihat seolah-olah kursi depan memiliki kursi tengah, hal ini akan sangat berbahaya jika dibuat untuk duduk anak-anak karena kepalanya dapat terbentur transmisi.

Bicara mengenai transmisi, mobil ini memiliki transmisi lemot kurang bertenaga dan perpindahan yang lambat selain itu tuasnya terkesan sangat rapuh hampir seperti mainan, sekarang kita beralih ke suspensinya. Suspensi mobil ini sangat lembut namun tetap stif jadi saat melewati jalan rusak atau berlubang penumpang tidak akan terpantul.

Toyota Calya sangat cocok untuk dijadikan mobil keluarga terutama yang sudah memiliki anak. Mobil dengan harga terjangkau namun memiliki fitur keamanan yang cukup lengkap serta kabin lumayan luas dan dapat menampung sampai 7 orang penumpang dewasa. Untuk info lebih lengkap dapat dilihat http://www.toyota.astra.co.id/product/calya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *