Yang Harus Anda Ketahui Tentang Pap Smear di SehatQ.com

Pap smear adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui adanya gejala kanker leher rahim atau yang biasa disebut dengan kanker serviks. Petugas medis melakukan tes dengan cara mengambil sel jaringan serviks sebagai sampel. Dari sampel tersebut akan terdeteksi apakah sel sel jaringan normal atau abnormal setelah diperiksa menggunakan mikroskop.

Tindakan Medis Yang Perlu Dilakukan Terkait Tes

Tindakan medis yang perlu dilakukan tentunya hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis terkait. Dokter maupun tenaga medis yang menangani pun tidak boleh sembarangan. Hanya dokter ahli dalam bidang kanker yang bisa melakukan tindakan penanganan.

Dokter akan melakukan tindakan jika ternyata pada hasil tes ditemukan adanya sel abnormal. Karena sel tersebut yang memungkinkan menjadi bibit perkembangan terbentuknya kanker serviks. Deteksi kanker sejak dini ini penting dilakukan agar pengobatan bisa dilakukan sejak awal. Karena jika tidak, kanker akan berkembang dan menyebar luas di area sekitarnya. Akibatnya, stadium kanker serviks terus bertambah dan proses penyembuhannya lebih sulit . Dari hal ini, sudah jelas diketahui bahwa tes deteksi kanker serviks sejak dini penting untuk dilakukan.

Sebenarnya, tidak semua orang perlu untuk melakukan tes tersebut. Hanya orang orang yang memenuhi kategori tertentu saja. Kategori pertama tentunya adalah wanita. Karena hanya wanita yang memiliki serviks, jadi hanya wanita yang mungkin menderita kanker serviks. Selanjutnya, wanita yang bagaimana? Yaitu wanita yang sudah pernah dan telah aktif melakukan hubungan seks, baik seks di dalam pernikahan maupun di luar pernikahan.

Sementara itu, untuk wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual tidak perlu melakukan tes tersebut. Alasannya, kemungkinan terinfeksi penyakit kanker serviks ini sangatlah rendah. Meskipun demikian, bukan berarti tidak mungkin sama sekali. Kemungkinan terinfeksi karena faktor lain tetap ada. Misalnya kebiasaan merokok, terkena paparan diethylstilbestrol atau DES pada saat di dalam kandungan, dan juga karena faktor keturunan. Jika Anda adalah salah satu yang pernah ada riwayat faktor lain tersebut, akan lebih baik jika turut melakukan tes. Akan tetapi, untuk mengetahui lebih pasti, konsultasikan dengan dokter kandungan kepercayaan Anda.

Tahukah Anda, sekarang untuk konsultasi dengan dokter kandungan tidak perlu repot repot antri di klinik atau rumah sakit, lho! Cukup belum menggunakan aplikasi SehatQ, Anda bisa konsultasikan semua keluhan maupun kecemasan tentang kesehatan Anda.

SehatQ hadir seperti asisten pribadi yang akan menemani usaha Anda untuk memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Apa saja fasilitas yang disediakan oleh SehatQ? Banyak! Mulai dari berbagai informasi tentang kesehatan yang disediakan secara lengkap dan detail. Apapun informasi kesehatan yang Anda inginkan, Anda bisa dapatkan. Tentunya informasi yang ditulis juga berdasarkan sumber yang akurat, penulis yang profesional, dan sesuai dengan ilmu kesehatan berdasarkan masing masing pembahasan.

Fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan yaitu disediakannya platform komunitas khusus pengguna SehatQ. Dengan adanya komunitas tersebut, Anda bisa saling bertukar informasi dan saling memberi support atau dukungan kepada teman teman yang sedang dalam perjalanan menuju sehat.

Dan fasilitas yang tak kalah penting lainnya yaitu adanya fitur untuk menghubungkan Anda sebagai pasien dengan dokter yang sesuai kebutuhan Anda. Ada puluhan dokter yang bersedia menerima keluh kesah Anda, menanggapi setiap konsultasi yang ingin Anda sampaikan, hingga memberikan saran dan rekomendasi pengobatan setiap masalah kesehatan Anda. Tentunya, setiap dokter yang melayani Anda adalah profesional sesuai bidang yang Anda keluhkan dan siap menemani perjalanan dari pengobatan hingga sembuh. Nah, bagaimana, sangat membantu bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *